Sabtu, 03 September 2011

IMO W 8800

REVIEW





Memang sulit untuk bisa disebut sebagai ponsel game. Terlebih untuk ponsel-ponsel lokal yang berbasis MTK. Selain keterbatasan pada memori, sistem software yang berjalan kurang mendukung untuk pengembangan aplikasi dan display yang lebih baik.

Akhirnya, untuk bisa mengakomodasi kebutuhan akan perangkat ponsel game, produk lokal mempermak desain, paket penjualan berupa joystik atau bonus konten game gratisan. Seperti IMO W8800 ini. Mengetengahkan desain ‘mirip’ PSP, produk ini disiapkan untuk mengisi kekosongan di sisi gaming produk lokal.

Desain

129 x 58 x 12 mm; tombol khusus game, musik
Baik sekilas maupun ‘dipelototin’ lama, IMO W8800 memang terlihat seperti Sony PSP dari model fat dan slim (300x). Diniati untuk digunakan dalam kondisi horisontal, dimana layar berada di antara tombol arah (d-pad) di bagian kiri dan tombol alfanumerik di bagian kanan. Tombol game diletakkan bertumpukan dengan tombol alfanumerik, seperti di ponsel Nokia N-Gage. Keuntungannya, kita tidak perlu memasang joystik tambahan ketika ingin bermain game. Kekurangannya hanya terletak pada tombol d-pad nya yang menurut PULSA, terlalu keras untuk bermain game hardcore.

Layar

LCD 2.8 inchi, touchscreen resistive 256.144 warna, QVGA
Layar ponsel diposisikan horisontal. Dan kita tidak akan bisa membuatnya berdiri! Maksudnya menjadi vertikal seperti ponsel lain. Karena tidak ada teknologi rotate di ponsel IMO W8800, apalagi autorotate. Menariknya, tampilan interface ponsel ini dipermak seakan-akan punya widget dan terasa seperti interface Samsung. Kita bisa menggeser shortcut di dock bawah dan menambahkan shortcut baru. Responsifitas layar sendiri kurang apik. Khas layar resistife. Gunakan ujung jari untuk bisa megaksesnya dengan baik.

Gaming Factor

NES preinstal di MicroSD, sekitar 862 game, J2ME
Seperti halnya ponsel game lokal, IMO W8800 membawa emulator NES (Nintendo Entertainment System). Artinya itu adalah sistem gaming pertama Nintendo yang membawa grafis 8 bit. Jadi game yang dibawa pun merupakan game dengan umur yang mungkin lebih tua dari Anda, yakni 26 tahunan. Semisal Mario Bros, Excite Bike dan sebagainya. Soal bagus atau tidaknya sangat relatif. Toh sistem gaming Nintendo yang sekarang tetap membawa game-game tersebut. Tetap Fun kok. Sayangnya untuk game java, kita perlu melakukan mapping tombol kembali.

Music, video dan Sound

Music player, Video player, speaker besar
IMO W8800 punya pemutar musik dan video yang terpisah. Tidak banyak format yang bisa didukung, terutama di sisi video, tapi lumayan. Ada beberapa catatan di pemutar musik. Pertama tampilan play now hanya memperlihatkan grafik equalizer, tanpa adanya album art. Kedua saat volume paling kecil sekalipun, suara masih terdengar jelas. Seharusnya suara akan hilang, tapi tidak di IMO W8800.

Dual Kamera

VGA depan, VGA belakang, interpolasi hingga
Ponsel ini membawa dua kamera di depan dan di belakang. Menurut spesifikasi eknik yang PULSA dapatkan, keduanya memiliki lensa 0.3 megapixel alias VGA (640 x 480 pixel), namun secara software, keduanya mampu memotret gambar hingga resolusi 1280 x 960 pixel alias 1.3 megapixel. Tidak ada dukungan autofokus, flash dan sebagainya. Namun sejumlah pengaturan EV dan whotebalanced tetap disertakan.


Hasil Kamera

Indoor
Warna obyek cenderung memudar. Software kamera akan meningkatkan jumlah cahaya yang ditangkap. Sebenarnya ini bagus, namun jadi terlalu terang. Karena ketiadaan flash, sistem sulit mencari titik fokus sehingga gambar cenderung buram.

Outdoor

Wajar jika kami tidak berhasil menangkap objek outdoor, jika ketika digunakan indoor dalam cahaya redup saja hasilnya sudah overbrightness. Ketika digunakan di luar ruangan, kamera gagal menghasilkan gambar sempurna, semua terlihat overbrightness bahkan tidak nampak obyek yang difoto.

Konektivitas

Bluetooth, GPRS, USB
IMO W8800 memiliki sejumlah senjata dalam hal menghubungkannya dengan perangkat lain. Ponsel – pc mudah, kita tinggal colokkan kabel data USB dan memilih moda apa saja yang diinginkan. Demikian juga dengan ponsel-ponsel, karena sudah ada moda koneksi Bluetooth. Berikutnya antara ponsel dengan internet, maka kita bisa memaksimalkan jalur data GPRS. Memang tidak semaksimal ponsel-ponsel 3G, tapi untuk mengakses facebook lewat aplikasi bawaan sih ga ada masalah.

Shortcut-Shortcut Penting

PULSA online, Facebook, Jalur Cepat musik, game
Untuk memudahkan penggunaan, ponsel ini menyiapkan sejumlah shortcut penting untuk beberapa keperluan. Di antaranya untuk musik dan game NES bisa melalui tombol yang didedikasikan di bawah tombol arah. Sementara Facebook dan PULSA online bisa lewat ikon di layar ponsel (Software). Namanya juga shortcut, maka ini cukup membantu penggunaan secara keseluruhan.

Kesimpulan

IMO W8800 merupakan ponsel game yang berani. Memilih desain konsol portabel terkenal adalah salah satu keberaniannya selain membawa ROM NES sebagai paket penjualan. Tapi di sisi lain, pemilihan ini akan mengurangi effort pengguna ketika ingin memainkan game lewat ponsel. Tidak lagi perlu joystik tambahan atau menggunakan tombol qwerty yang kecil sebagai d-pad dan tombol game.Ahmad Sanusi

Pilihan warna: Biru
Paket penjualan:
Ponsel, memory card, baterai, kabel data, headset, buku manual



Sumber: Tab. Pulsa

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by ForpalCommunity | Bloggerized by AeraDidit - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons